Pusat Layanan Serah Simpan, Usul Ketua Ikapi Jabar

Undang-Undang RI No.4 Tahun 1990 tentang Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam, merupakan amanah bangsa tentang dokumentasi karya kreatif sebagai basis peradaban. Dalam pelaksanaannya, UU ini memiliki dimensi yang beragam bergantung pada sudut pandang atau persepektif kepentingan pihak-pihak terkait. Penerbit, khususnya yang tergabung dalam Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI –Jabar) mendukung sepenuhnya pelaksanan UU ini.

ikapi1

Pusat Layanan Serah Simpan akan dibentuk oleh Bapusipda Jabar bekerja sama dengan IKAPI Jabar, Berfungsi memfasilitasi secara terpadu pelaksanaan UU No.4 Tahun 1990.

Pusat Layanan melakukan advokasi agar pemerintah daerah dalam melakukan pengadaan buku hendaknya buku-buku  yang telah diserahsimpankan yang dibuktikan oleh sertifikat atas penyerahan buku dimaksud.

Secara Berkala  (tiga bulanan) Pusat Layanan menerbitkan berkala yang memuat buku-buku yang telah diserahsimpankan dari penerbit. Setiap tahun digelar event sosialisasi berbentuk pameran atas karya-karya serahsimpan yang diterima dalam kurun waktu satu tahun.

Setiap Tahun diberikan penghargaan kepada para penerbit yang produktif dalam menyerahkan karyanya sesuai amanah UU No.4 Tahun 1990.

IKAPI Jabar siap membantu dengan menyediakan pos pelayanan demikian di sekretariat IKAPI Jabar.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*