Rika Rafika; Penyanyi Sunda, Penyanyi Nyunda

Rika Rafika, lahir di Banjaran, Bandung, 17 Januari 1979, merupakan bungsu dari pasangan Enan Cardian dan Sula Nengsih.  Rika seorang seniwati yang belajar seni secara otodidak, dan mengawali karirnya dengan menjadi penari. Dalam pendidikan formal Rika meraih gelar Sarjana Sosial dari Fakultas Ilmu Komunikasi UNPAD, jurusan Ilmu Hubungan Masyarakat tahun 2007.

Perjalanan karir Rika dimulai sejak kelas 3 SD dengan sering menjadi juara di berbagai lomba seni, seperti Juara I Lomba Jaipongan se-Jawa Barat ( 1999), juara I Lomba Lagu Sunda karya Mang Koko se– Jawa Barat ( 1999), juara I lagu Sunda HUT PT. Pindad ke- 17 (2000), HUT Korpri ke- 32 (2003), juara Lomba dan Festival Sinden tingkat Nasional memperebutkan tropi Titim Fatimah (2004). Selain sukses di panggung-panggung festival, kesuksesan Rika juga dibuktikan dengan menjadi  Duta Seni ke beberapa Negara, seperti Rumania, Scotlandia, Yugoslavia, Turki, Yunani, Abudabi, Perancis, Belanda, Jepang, korea dan lain-lain.

Rika Rafika mulai terjun ke dunia rekaman tahun 1996, dan sampai sekarang sudah mengeluarkan beberapa album Degung, Jaipongan, dan Pop Sunda, diantaranya “Dalingding Asih”, “Bentang Midang”, dan “Rujak Cuka”.

Nama Rika Rafika semakin dikenal luas sejak ia menjadi presenter acara lagu sunda  tahun 2005, dan mengeluarkan album Pop Sunda berjudul “Dalingding Asih”. Judul album ini pula yang melekat di hati masyarakat Jawa Barat pecinta lagu-lagu Sunda, sehingga namanya lebih dikenal dengan “Rika Rafika si Dalingding Asih”. Sekarang ini Rika mengisi hari-harinya dengan menjadi presenter acara lagu Sunda interaktif “Dalingding Asih” di Bandung TV, presenter beberapa acara Show di TVRI Jabar Banten, dan menjadi presenter dan bintang tamu di acara-acara off air.

Dalam acara Pesta Buku Bandung 2012, Rika Rafika akan membawakan beberapa lagu Sunda pada pembukaan, tanggal 1 Pebruari 2012, di Landmark Convention Hall, Jl. Braga 129, Bandung.***

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*