Sempoa Jari Alba; menghitung cerdas menggunakan jari

Minggu, 5 Pebruari 2012, panitia Pesta Buku Bandung bersama dengan penerbit Grafindo Media Pratama mengadakan acara bedah buku Solusi Menghitung Cepat dan Tepat Bersama “Sempoa Jari Alba”. Bedah buku ini diisi langsung oleh Imam Baihaqi dan Amalia Husna, kedua orang penemu metode tersebut. Menurut keterangan Imam Baihaqi dalam kalimat pengantarnya, metode menghitung ini sudah dirumuskan sejak tahun 2007 tetapi tidak langsung dipublish karena harus melalui proses pengujian terlebih dahulu. Setelah melakukan uji coba selama tiga tahun bersama dengan penerbit Grafindo, barulah metode ini dipublish kepada masyarakat luas. “

“Pada dasarnya, semua usia bisa menggunakan metode ini karena modal utamanya hanya sepuluh jari tangan saja, tetapi untuk sekarang ini metode sempoa jari alba masih lebih banyak digunakan oleh anak-anak usia sekolah dasar,” jelas Amalia Husna. “Dengan metode ini kita bisa menghitung angka hingga jutaan bahkan tanpa perlu menuliskan angka-angka yang dihitung terlebih dahulu,” lanjutnya. Selain memberi penjelasan tentang metode itu, pemateri juga mengajak peserta yang kebanyakan ibu-ibu muda yang memiliki anak usia sekolah dasar untuk mempraktekkan langsung metodennya. Rd. Dedi Sunardi, salah seorang peserta dari Babakan Baru Rt 007 Rw 011 Sukapada Cibeunying Kidul yang memiliki anak kelas 4 SD, dengan penuh semangat mengatakan bahwa sampai sekarang ini metode sempoa jari alba adalah metode menghitung yang sangat cerdas. Anak saya yang kemampuan berhitungnya sudah bagus menjadi semakin bagus dengan menggunakan metode ini. Saya bahkan sampai terkagum-kagum pada kemampuan barunya itu.”

Imam Baihaqi dan Amalia Husna berhasil menemukan metode ini berangkat dari pengalaman mereka mengajar berhitung menggunakan sempoa selama beberapa tahun.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*