SYARAT ANGGOTA

Keanggotaan IKAPI

Keanggotaan Ikapi terbuka untuk semua tingkatan penerbit, baik itu penerbit kecil, penerbit menengah, maupun penerbit besar, termasuk self-publisher dengan syarat memiliki badan usaha atau badan hukum. Saat ini keanggotaan Ikapi di seluruh Indonesia mencapai 1.328 penerbit yang tersebar di 26 provinsi (dari 34 provinsi yang ada di Indonesia). Sebagian besar penerbit terkonsentrasi di Pulau Jawa.

Anggota Ikapi juga terdiri atas penerbit perguruan tinggi, yayasan atau lembaga pendidikan, serta lembaga riset pemerintah Indonesia. Penilaian buku ilmiah di lingkungan pendidikan tinggi dan lembaga riset juga mewajibkan buku diterbitkan oleh penerbit anggota Ikapi.

Setiap tahun anggota Ikapi mengalami penambahan meskipun tidak tertutup kemungkinan adanya anggota Ikapi yang tidak lagi beroperasi ataupun vakum dengan berbagai alasan yang melatarinya. Sebagian besar penerbit anggota Ikapi awalnya adalah penerbit buku pelajaran. Namun, kini jumlah penerbit buku pelajaran terkalahkan oleh penerbit buku umum. Banyak penerbit buku pelajaran yang tutup atau tidak lagi menerbitkan buku pelajaran setelah munculnya kebijakan pemerintah Indonesia dalam satu dekade ini yang mencoba melakukan sendiri pengadaan buku pelajaran. Adapun keterlibatan penerbit swasta sangat minim kontribusinya.

Walaupun demikian, setiap tahun tetap terjadi pertambahan anggota Ikapi dari beberapa daerah, khususnya DKI dan Jawa Barat. Pertambahan jumlah anggota menunjukkan usaha penerbitan buku masih tetap dilirik oleh masyarakat.

Persyaratan Menjadi Anggota Biasa IKAPI

  1. Photocopy Akte Notaris / Akte Pendirian Perusahaan (2 set)

Dalam pasal 2 (maksud dan tujuan pendirian perusahaan) terdapat  kata penerbitan di samping jenis usaha lainnya. Nama yang tercantum dalam akte notaris harus sama persis dengan nama   penerbit yang tercatum di cover depan buku dan surat resmi lainnya.

  1. Photocopy Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dari Deperindag(2 set)
  1. Photocopy Surat Izin Tempat Usaha (SITU) / Domisili Perusahaan dari instansi terkait atau domisili perusahaan (2 set)
  2. Biaya Verifikasi sebesar Rp. 1.700.000,- dengan rincian :
  • Uang pangkal Rp.250.000,-
  • Iuran Rp. 1.200.000,- (24  bulan x Rp. 50.000,-)
  • Biaya administrasi dan biaya verifikasi Rp. 250.000,-
  • Pembayaran dapat di transfer ke Bank Niaga Asia Afrika Bandung A/C No. 800017361000 A/N Ikapi Jawa Barat
  • Apabila biaya sudah di transfer, bukti transfer dapat di kirimkamkan melalui email:ikapi_jabar@yahoo.com
  1. Contoh buku minimal 3 judul masing-masing 3 eksemplar yang sudah Ber ISBN
  2. Bukti penyerahan buku (serah simpan karya cetak) di Bapusipda Jabar.
  3. Pengajuan menjadi anggota dibuat dalam kop surat penerbit dengan   lampiran 5 point tersebut di atas.

5 Komentar

    • biayanya 1,7 jt rinciannya; uang pangkal 250rb, administrasi 250rb, dan iuran 1,2jt iuran anggota selama KTA berlaku 2thn (24 bulan x Rp.50rb). Untuk 2 tahun berikutnya 1,3jt (2thn iuran= 1,2jt + 100rb biaya pengganti KTA baru).

  1. mohon maaf, ijin bertanya. kami dari penerbitan kampus UNNUR PRESS, dalam hal ini proses terbentuknya lembaga terbitan kampus berbeda dengan penerbitan lainnya. bila kami ingin mendaftarkan lembaga penerbitan kami di IKAPI Jawa Barat persaratannya apakan sama seperti yang tertuang diatas? terimakasih admin.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*